Mengenal Budaya Banjar-Baantaran Jujuran

 

Hai kawan ? apa kabar ? semoga sehat selalu ya,amin. 
Akhirnya saya oh andrian bisa nulis lagi di blog yang sederhana ini, karena beberapa bulan yang lalu fokus ngerjain skripsi *uhuk, sekarang insya allah sudah mulai aktif nulis di blog lagi. Apa kalian kangen dengan puisi buatan saya, semoga kangen ya, xD . kali ini postingan blog oh andrian akan sedikit berbeda dari biasanya , yaitu mengenal istilah-istilah dalam budaya banjar.

Dalam kebudayaan banjar ada istilah "BAANTARAN JUJURAN" *uhuk baper , apa sih baantaran jujuran, ok tanpa panjang lebar, istilah baantaran jujuran biasa sering saya dengar dalam hal pernikahan, biasanya di awali dengan mencari informasi tentang wanita yang ingin di lamar, selanjutnya badatang sebagai bentuk bukti pengikat bahwa telah bertungangan dan tanda bahwa pernikahan akan dilaksanakan oleh kedua pihak :) .

Baantaran jujuran biasanya melibatkan rombongan dari pihak calon pria, rombongan terdiri dari ibu-ibu berjumlah 15 orang atau lebih yang bertugas untuk membawa seserahan berupa bingkisan untuk calon mempelai wanita dan disinilah intinya perwakilan dari pihak calon mempelai pria mengutarakan maksud kedatangannya yaitu basasarahan membawa jujuran dan barang dari ujung kaki sampai rambut wanita yang sudah disiapkan, barang tesebut nantinya diserahkan kepada orang tua atau keluarga dari pihak mempelai wanita.

Oiya dari pihak pria dan wanita nantinya mulai menentukan, memutuskan tentang hari, tanggal, bulan dan tahun dilangsungkannya pernihakan, ketika acara baantaran jujuran selesai dilanjutkan dengan acara mehambur baras kuning yang telah dicampur dengan uang logam, kata mama saya, disini para tamu pun saling rebutan untuk mendapatkannya . ketika acara sudah selesai kedua calon keluarga pun memanjatkan doa sebagai ungkapan rasa syukur atas kelancaran acara baantaran jujuran tersebut.

Semoga kita bisa menemukan pasangan yang dari pihak keluarganya tidak mempersulit suatu hubungan dan sebaliknya, jadi biar bisa cepat-cepat bedatang kemudian Baantaran Jujuran kepada orang tuanya, semangat juga buat yang lagi berjuang buat meluluhkan hati kedua orang tua wanitanya, semoga bisa membangun suatu hubungan yang lebih serius.

6 komentar:

  1. Ciee yang ceritanya ini lagi ngambil hati orang tua si dia nih heheh

    ReplyDelete
  2. Jadi kapan nikah?? Hahahha :D

    Disini jarang yang ngadain seserahan kaya gitu, paling ngasih seserahan pas hari H nikah.

    ReplyDelete
  3. Wahhh seserahannya hahahhaha, tinggal kapan mau seserahan sekarang? :-D

    ReplyDelete
  4. semoga berhasil ya gan? :D

    ReplyDelete
  5. Waw okeh juga tuh caranya.

    ReplyDelete
  6. hmm kalo di Jawa sih juga pake seserahan, tapi gak pake tabur beras kuning ama koin hehe

    ReplyDelete

tolong jangan porno,rasis,meninggalkan link aktif dan no telp mantan!

 
oh andrian © 2016 | Template By IVY Themes | Re-Design By @ohandrian