Poetry In Action At Mingguraya Dengan Tema “Puitika Pinamusti”


Agenda Poetry in Action bulanan di Panggung Bundar Mingguraya, mengangkat tema: “Puitika Pinamusti”, yang insya Allah dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2015, pukul 20:30 s/d Selesai. Terbuka sumbangan untuk pengisi acara, tampilan tradisi lisan, musikalisasi, baca puisi, teater (petilan), monolog, dan lainnya. Terbuka umum dan partisipatif.

Ketika kata pinamusti diucapkan atau ditulis, maknanya tidak bisa langsung jelas sampai ada beberapa keterangan yang menjelaskan konteksnya. Meskipun secara umum kata pinamusti berkonotasi negatif, sesungguhnya kata itu pun berpotensi beragam kemungkinan. Sebagai sebuah sikap, pinamusti bisa menjadi strategi untuk sukses, melawan, curiga, iri, kritis, arif dan bijaksana. Pinamusti dan puisi seperti sinonim dalam menyikapi ketidakpastian hidup. Kita tetap menghadapi ketakpastian iklim, ketakpastian hukum, ketakpastian ideologi, ketakpastian budaya, ketakpastian lapangan kerja, ketakpastian kebijakan dan kebijaksanaan. Mari datang ke poetry in action bulan ini untuk menyuarakan kepinamustian hidup dengan berpuisi.

Bagi yang berminat untuk ikut serta menerbitkan puisi, pantun, gurindam, cerpen, gumam, naskah madihin, naskah mamanda, pribahasa, kata-kata bijaksana yang bertema pinamusti, kirimkan ke inbox facebook He Benyamine, sertakan biodata 200 kata dan foto diri. Buku antologi bersama Puitika Pinamusti ini akan diterbitkan secara swadaya dengan sumbangan minimal Rp 100 ribu per orang. Setiap orang akan mendapatkan 2 buku. Program ini terbatas untuk 50 peserta. Naskah akan diseleksi oleh Tim PIA (Poetry In Action).

Anda dipersilahkan mengungkapkannya lewat puisi atau penampilan teater (petilan)/monolog, atau bentuk lainnya, tentu sangat membanggakan jika Anda membacakan puisi karya Anda sendiri yang berhubungan dengan tema di atas, namun silakan membacakan puisi karya orang lain atau Anda yang menulis puisinya dan teman Anda yang membacakannya.

Penyelenggaraan kegiatan ini terlaksana atas dukungan donasi banyak pihak. Donasi atau hadiah (seperti buku) dapat diserahkan langsung pada saat acara, atau menghubungi pelaksana (Hp. 05117480441 atau 085246955352). Kegiatan bulanan ini masih mengharapkan donasi untuk menambah peralatan pendukung lainnya, seperti sound system dan penyelenggaraannya. Terima kasih kepada Dewa Pahuluan yang memberikan donasi dan semua pihak yang telah mendukung acara pada bulan Januari 2015.

Bagi Anda yang berkenan membawa makanan ringan (kudapan) dipersilakan. Juga berharap sumbangan acara dari dangsanak sabarataan (sanggar/teater/kelompok/komunitas/dll) yang disesuaikan tema acara dan dikoordinasikan sebelumnya.

Kehadiran Dangsanak Sabarataan adalah puisi dan tradisi itu sendiri.

(Akademi Bangku Panjang Mingguraya)
Cc: Turut mengundang:
Dewan Kesenian Kota Banjarbaru.

Banjarbaru, 12 Februari 2015


Foto kegiatan -> "Puitika Pinamusti"

Sumber  : Poetry In Action At Mingguraya dan Masyarakat Sastra Kalimantan Selatan

 
oh andrian © 2016 | Template By IVY Themes | Re-Design By @ohandrian