Poetry In Action At Mingguraya Dengan Tema "Hujan Di Langit Indonesia Hamil Tua"

Agenda Poetry in Action bulanan di Panggung Bundar Mingguraya, mengangkat tema: “Hujan di Langit Indonesia Hamil Tua”, yang insya Allah dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2015, pukul 20:30 s/d Selesai. Merupakan kebahagian bersama adanya partisipasi untuk pengisi acara, seperti tampilan tradisi lisan, musikalisasi puisi, baca puisi, teater (petilan), teatritikal karya sastra, monolog, dan lainnya. Terbuka untuk umum dan partisipatif.
Hujan tentu saja berkah. Saat ini langit Indonesia sedang hamil tua, sementara situasi dalam kondisi darurat dengan begitu banyak hujan yang mengabarkan kedukaan dan kepiluan. Mendung tak beranjak dari wajah Indonesia, seakan keindahan hanya sisa bulan madu yang kehilangan akar impian, imajinasi, dan harapan dari kehadiran hujan.

Hujan bukan lagi ungkapan puitis, seakan kapal Nuh telah terpisah dari hujan. Makna hujan telah dirampas keserakahan, kebodohan, kemurkaan, dan kezaliman; selalu menumpahkan malapetaka dan melahap bangkai saudaranya sendiri. Pelangi terkurung dalam batin, menanti puisi menjemput untuk membebaskannya kembali menghias langit agar secara bersama dapat menatapnya. Adakah puisi itu?

Anda dipersilahkan mengungkapkannya lewat puisi atau penampilan teater (petilan)/monolog, atau bentuk lainnya, tentu sangat membanggakan jika Anda membacakan puisi karya Anda sendiri yang berhubungan dengan tema di atas, namun silakan membacakan puisi karya orang lain atau Anda yang menulis puisinya dan teman Anda yang membacakannya.

Penyelenggaraan kegiatan ini terlaksana atas dukungan donasi banyak pihak. Donasi atau hadiah (seperti buku) dapat diserahkan langsung pada saat acara, atau menghubungi pelaksana (Hp. 05117480441 atau 085246955352). Kegiatan bulanan ini masih mengharapkan donasi untuk menambah peralatan pendukung lainnya, seperti sound system dan penyelenggaraannya. Terima kasih kepada donatur Dewa Pahuluan dan kudapan dari Amanda Nasution, serta semua pihak yang telah mendukung acara pada bulan Desember 2015.

Bagi Anda yang berkenan membawa makanan ringan (kudapan) dipersilakan. Juga berharap sumbangan acara dari dangsanak sabarataan (sanggar/teater/kelompok/komunitas/dll) yang disesuaikan tema acara dan dikoordinasikan sebelumnya.

Kehadiran Dangsanak Sabarataan adalah puisi dan tradisi itu sendiri.

(Akademi Bangku Panjang Mingguraya)

Cc: Turut mengundang:
Dewan Kesenian Kota Banjarbaru.

Banjarbaru, 25 Januari 2015

Foto kegiatan ->  "Hujan Di Langit Indonesia Hamil Tua"

 
oh andrian © 2014 - 2020 | All Right Reserved