Poetry In Action At Mingguraya Dengan Tema “Orang-Orang Kembali, Engkau Kah Itu Tradisi?”

Agenda Poetry in Action bulanan di Panggung Bundar Mingguraya, mengangkat tema: “Orang-Orang Kembali, Engkau Kah Itu Tradisi?”, yang insya Allah dilaksanakan pada tanggal 21 November 2014, pukul 20:30 s/d Selesai. Merupakan kebahagian bersama adanya partisipasi untuk pengisi acara, seperti tampilan tradisi lisan, musikalisasi puisi, baca puisi, teater (petilan), teatritikal karya sastra, monolog, dan lainnya. Terbuka untuk umum dan bersifat partisipatif.

Seni tradisi, spontan dan atraktif, mengajak masuk dalam suasana kegembiraan, dengan hubungan yang cair dan langsung berinteraksi, tentu berbeda dengan keterpisahan orang-orang dengan berbagai peralatan yang menghubungkan secara visual dan suara; namun terasa lebih sepi dan sunyi setelahnya. Orang-orang kembali, saat titik kritisnya muncul, dan di situlah tradisi menjadi kerinduan yang halus hadirnya, bahkan diabaikan rasa itu.

Bagaimana seni tari bagandut? Adakah orang-orang yang kembali, menggali dan mengeksplorasi kembali, serta mengolah sebagai seni pertunjukan yang dirindukan. Sembari baca puisi, kehadiran kawan-kawan yang akan menyuguhkan tari bagandut, sungguh menambah warna panggung ini. Orang-orang itu kembali, bahwa mereka tidak diam namun bergerak dengan cara dan pandangannya sendiri.

Anda dipersilahkan mengungkapkannya lewat puisi atau penampilan teater (petilan)/monolog, atau bentuk lainnya, tentu sangat membanggakan jika Anda membacakan puisi karya Anda sendiri yang berhubungan dengan tema di atas, namun silakan membacakan puisi karya orang lain atau Anda yang menulis puisinya dan teman Anda yang membacakannya.

Penyelenggaraan kegiatan ini terlaksana atas dukungan donasi banyak pihak. Donasi atau hadiah (seperti buku) dapat diserahkan langsung pada saat acara, atau menghubungi pelaksana (Hp. 05117480441 atau 085246955352). Kegiatan bulanan ini masih mengharapkan donasi untuk menambah peralatan pendukung lainnya, seperti sound system dan penyelenggaraannya. Terima kasih kepada donatur Dewa Pahuluan dan semua pihak yang telah mendukung acara pada bulan Oktober 2014.

Bagi Anda yang berkenan membawa makanan ringan (kudapan) dipersilakan. Juga berharap sumbangan acara dari dangsanak sabarataan (sanggar/teater/kelompok/komunitas/dll) yang disesuaikan tema acara dan dikoordinasikan sebelumnya.

Kehadiran Dangsanak Sabarataan adalah puisi dan tradisi itu sendiri.

(Akademi Bangku Panjang Mingguraya)

Cc: Turut mengundang:
Dewan Kesenian Kota Banjarbaru.

Banjarbaru, 21November 2014


Sumber  : Poetry In Action At Mingguraya dan Masyarakat Sastra Kalimantan Selatan

 
oh andrian © 2014 - 2020 | All Right Reserved