Poetry In Action At Mingguraya Dengan Tema "Kabut Asap Duka Bahasa Banjar Lupa Gemerisik Getar Kuriding"

Mingguraya, 24 Oktober 2014 -- Pukul 20:30 Wita
Agenda Poetry in Action bulanan di Panggung Bundar Mingguraya, mengangkat tema: “Kabut Asap Duka Bahasa Banjar Lupa Gemerisik Getar Kuriding”, yang insya Allah dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2014, pukul 20:30 s/d Selesai. Merupakan kebahagian bersama adanya partisipasi untuk pengisi acara, seperti tampilan tradisi lisan, musikalisasi puisi, baca puisi, teater (petilan), teatritikal karya sastra, monolog, dan lainnya. Terbuka untuk umum dan bersifat partisipatif.

Bulan Oktober mengingatkan pada sumpah pemuda (28/10) dan merupakan bulan bahasa, namun duka merayap lembut menyergap masyarakat Kalimantan Selatan; halimun gelap menyusup dalam udara seakan tiada bahasa pantas mengungkapkannya.

Lihatlah, Hulu Sungai Tengah menyerahkan lahan sekitar 48 hektar hanya untuk tambang gamping memenuhi kebutuhan bahan bangunan dengan mengabaikan potensi marmer dan dampak harga eksternal bermata duka dan lara. Lahan-lahan persawahan di Gambut begitu mudah berubah peruntukannya, menjadi bangunan-bangunan dengan pola pikir yang sama. Begitu juga desa-desa di Balangan harus mengalah pada pertambangan yang harganya terbatas, sedangkan desa produktif tiada terbatas, seakan bahasa yang ada adalah kuasai, kuras, dan kabur; kabut asap.

Bahasa Banjar sedang berduka, tiada mampu menahan atau membela keindahan alam dan martabat penggunanya. Gemericik masih terdengar, getar kuriding tetap dapat menembus kabut asap, tiada duka mengekang bahasa ibu, jadi adakah bahasa perlawanan yang bermartabat melalui bahasa Banjar? Badai alami pasti berlalu, badai kedukaan bahasa hanya berlalu jika di dalamnya muncul bahasa perlawanan. Puisi, di mana Anda sang bahasa Banjar?

Anda dipersilahkan mengungkapkannya lewat puisi atau penampilan teater (petilan)/monolog, atau bentuk lainnya, tentu sangat membanggakan jika Anda membacakan puisi karya Anda sendiri yang berhubungan dengan tema di atas, namun silakan membacakan puisi karya orang lain atau Anda yang menulis puisinya dan teman Anda yang membacakannya.

Penyelenggaraan kegiatan ini terlaksana atas dukungan donasi banyak pihak. Donasi atau hadiah (seperti buku) dapat diserahkan langsung pada saat acara, atau menghubungi pelaksana (Hp. 05117480441 atau 085246955352). Kegiatan bulanan ini masih mengharapkan donasi untuk menambah peralatan pendukung lainnya, seperti sound system dan penyelenggaraannya. Terima kasih kepada donatur Dewa Pahuluan dan penyumbang buku hadiah Taberi Lipani, Selvia Stiphanie, Zulfaisal Putera (Majalah Horizon), Dewa Pahuluan, dan hadian kaos Amanda Nasution, juga kudapan dari rombongan Barabai (Lapak Seni dan Sastra Dwi Warna), serta semua pihak yang telah mendukung acara pada bulan September 2014.

Bagi Anda yang berkenan membawa makanan ringan (kudapan) dipersilakan. Juga berharap sumbangan acara dari dangsanak sabarataan (sanggar/teater/kelompok/komunitas/dll) yang disesuaikan tema acara dan dikoordinasikan sebelumnya.

Kehadiran Dangsanak Sabarataan adalah puisi dan tradisi itu sendiri.

(Akademi Bangku Panjang Mingguraya)

Cc: Turut mengundang:
Dewan Kesenian Kota Banjarbaru.

Banjarbaru, 24 Oktober 2014


Sumber  : Poetry In Action At Mingguraya dan Masyarakat Sastra Kalimantan Selatan

 
oh andrian © 2016 | Template By IVY Themes | Re-Design By @ohandrian